Pada posting artikel kali ini, saya akan melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang: Desain Rumah Dan Ruang Usaha (TOKO) 1 Lantai. Pada artikel yang lalu saya sudah menuliskan tentang proses merencanakan dan pembagian ruang pada rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha.

Merencanakan rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha (kantor, toko, wartel, warnet, kios, dsb) sebaiknya dilakukan pada saat proses pra-rencana. Bekerjasamalah dengan arsitek, ungkapkan semua ide yang ingin anda lihat pada rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) anda. Mintalah gambar presentasi 3d untuk melihat seperti apa bentuk, susunan ruang dan tampilan rumah anda nantinya.

Pastikan desain rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) anda sudah fix dan sesuai seperti yang anda inginkan, baru kemudian anda masuk pada tahapan konstruksi. Pada tahap konstruksi atau pembangunan rumah idealnya tidak ada revisi yang terlalu signifikan. Bila ada sesuatu masalah yang memang tak bisa dihindari dan harus merubah gambar teknis yang sudah direncakanakan semula, pastikan perubahannya dituangkan dalam as built drawing.


http://extune.hostei.com/Download/bylqxcgz.jpg

Format Penyajian Desain



. .

I. PENYAJIAN KONSEP DESAIN



Ketika proses desain dimulai, segala sesuatunya akan bermula dari perumusan konsep desain. Desain seperti apa yang akan dikembangkan? Gaya bangunan, style, penggunaan acuan-acuan/referensi desain yang sudah ada, dan berbagai cara untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif lainnya yang akan disajikan kepada pemberi tugas sebagai pilihan dalam mengambil keputusan desain.
II.CARA MENJELASKAN DESAIN
Selama proses desain, akan terjadi komunikasi timbal balik, di mana arsitek akan menyajikan berbagai alternatif desain dalam bentuk gambar, yang akan dipresentasikan sejelas-jelasnya kepada pemberi tugas.
Cara mempresentasikan desain akan dibuat seinformatif mungkin dan dapat mencurahkan secara mendetail mengenai setiap aspek desain yang ingin diungkapkan arsitek kepada kliennya.
Contoh penyajiannya dapat anda perhatikan di samping dan di bawah ini. Kombinasi antara gambar desain dengan komentar dalam bentuk text akan sangat membantu klien dalam memahami apa sebenarnya yang ingin diungkapkan arsitek.
Metode penyajian yang sederhana tetapi tepat sasaran.

3 komentar:

blog yg bagus, semoga cepat di lauching kan..sy ga sabar mau lihat galeri proyek perusahaan bapak
bangun rumah

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More